1. Judul Pelatihan
Merancang Strategi Kreatif Membuat Iklan di Sosial Media Sebagai Spesialis Periklanan
2. Deskripsi Pelatihan
Dengan mengikuti pelatihan ini peserta akan menjadi seorang spesialis periklanan.
Sebagai spesialis periklanan,peserta dapat mengiklankan bisnis melalui sosial media.Di pelatihan ini anda akan memahami kegunaan seluruh tools yang ada pada sosial media mulai dari facebook, Instagram, Twitter, You Tube, Pinterest, Google ads dan Landing page Sehingga peserta dapat memanfaatkan Instagram bisnis untuk menjalankan iklan di berbagai media sosial.
Selain itu anda juga dapat meningkatkan penjualan produk menggunakan sosial media. Menurut data dari Asosiasi Digital Marketing Indonesia kebutuhan akan sepesialis periklanan khususnya di sosial media pada tahun 2021 sangat tinggi (https://digimind.id/) dan selain itu karena kondisi pandemic banyak perusahaan beralih ke digital.
Sayangnya masih sedikit sekali yang menguasai keahlian spesialis periklanan di sosial media Akibatnya peluang anda untuk memperoleh pekerjan sangat
Pelatihan ini dibuat dengan menggunakan acuan KBJI 2014 dengan Kode 2431.01 jabatan Spesialis Periklanan dan Menggunakan Standar kompetensi Kerja Nasional Indonesia Nomor 351 Tahun 2014 Tentang Periklanan
Kompetensi yang akan anda pelajari pada program pelatihan ini yaitu :
1. Kompeten Mengenal Sosial Media Marketing
2. Kompeten Membuat perencanaan Periklanan di berbagai sosial media
3. Kompeten Merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan
4. Kompeten Membuat Konten yang Menarik untuk Sosial Media
5. Kompeten Membuat Konten Gambar dan Video Untuk Sosial Media
6. Kompeten Membuat Akun di Berbagai Sosial Media
3. Tujuan Umum Pelatihan
Di Akhir Pelatihan ini peserta akan mampu menggunakan seluruh tools yang ada pada sosial media mulai dari facebook, Instagram, Twitter, You Tube, Pinterest, Google ads dan Landing page Sehingga peserta dapat memanfaatkan sosial media untuk menjalankan iklan
4. Tujuan Khusus Pelatihan
1. Kompeten Mengenal Sosial Media Marketing
2. Kompeten Membuat perencanaan Periklanan di berbagai sosial media
3. Kompeten Merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan
4. Kompeten Membuat Konten yang Menarik untuk Sosial Media
5. Kompeten Membuat Konten Gambar dan Video Untuk Sosial Media
6. Kompeten Membuat Akun di Berbagai Sosial Media
5. Kelompok Sasaran
Peserta pelatihan yang dapat mengikuti pelatihan ini yaitu diperuntukan laki-laki atau wanita, minimal lulusan SMA/SMK Sederajat, minimal usia 18 tahun dengan memiliki minimal Handphone, laptop ataupun komputer yang sudah terinstal oleh aplikasi berbagai sosial media Diutamakan peserta yang memiliki minat pada social media.
6. Durasi Detail dan Total Durasi
1. Pengenalan Materi Belajar 03:54
2. Pengenalan Social Media Marketing – Bagian 1 09:52
3. Pengenalan Social Media Marketing – Bagian 2 03:37
4. Konten Social Media 05:42
5. Aturan Dalam membuat Konten Social media 08:31
6. Facebook 03:36
7. Facebook Page 05:34
8. Canva untuk design konten social media – Bagian 1 09:53
9. Canva untuk design konten social media – Bagian 2 03:51
10. Optimasi Facebook Page 08:57
11. Setting Facebook Chat 04:24
12. Facebook Creator Studio 08:24
13. Facebook Ads – Bagian 1 09:58
14. Facebook Ads – Bagian 2 09:53
15. Facebook Ads – Bagian 3 02:50
16. Cara Membuat iklan di Facebook – Bagian 1 09:59
17. Cara Membuat Iklan di Facebook – Bagian 2 03:56
18. Pembahasan Facebook Pixel & Audience 07:30
19. Cara membuat facebook pixel – Bagian 1 09:50
20. Cara Membuat Facebook Pixel – Bagian 2 01:26
21. Facebook Audience 09:15
22. Twitter 02:11
23. optimasi akun twitter 03:55
24. formulasi twitter 06:39
25. Teknik Hastag di Twitter 06:03
26. Twitter Ads 04:56
27. Cara Setting Iklan di – Twitter-bagian 1 10:00
28. Cara Setting Iklan di Twitter – bagian 2 02:55
29. Instagram 02:25
30. Instagram Bisnis 05:41
31. Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis 06:28
32. Cara Penggunaan Hastag di Instagram 06:28
33. Jenis Konten di Instagram 05:22
34. Instagram Pixel 02:29
35. Cara Memasang Iklan di Instagram 08:22
36. Kesimpulan Instagram 02:59
37. Youtube 01:48
38. Cara Membuat Akun Youtube Untuk Bisnis 09:13
39. Verifikasi Akun Youtube 08:18
40. Memilih Format Video Youtube 04:54
41. Meriset Kata Kunci Di Youtube 06:18
42. Meriset Kompetitor di Youtube 07:19
43. Cara Konsisten Upload Video di Youtube 03:45
44. Youtube Analytics 04:42
45. Mempelajari Channel Favorit Anda di Youtube 04:17
46. Optimasi Akun Youtube 09:52
47. Optimasi Akun Youtube 01:58
48. Pinterest 06:35
49. Ebook 01:00:00
50. Live Seasson 02:00:00
TOTAL DURASI : 7 JAM, 46 DETIK, 44 DETIK
7. Silabus/Gambaran Materi
1. Belajar Pengenalan Materi Belajar
2. Belajar Pengenalan Social Media Marketing – Bagian 1
3. Belajar Pengenalan Social Media Marketing – Bagian 2
4. Belajar Konten Social Media
5. Belajar Aturan Dalam membuat Konten Social media
6. Belajar Facebook
7. Belajar Facebook Page
8. Belajar Canva untuk design konten social media – Bagian 1
9. Belajar Canva untuk design konten social media – Bagian 2
10. Belajar Optimasi Facebook Page
11. Belajar Setting Facebook Chat
12. Belajar Facebook Creator Studio
13. Belajar Facebook Ads – Bagian 1
14. Belajar Facebook Ads – Bagian 2
15. Belajar Facebook Ads – Bagian 3
16. Belajar Cara Membuat iklan di Facebook – Bagian 1
17. Belajar Cara Membuat Iklan di Facebook – Bagian 2
18. Belajar Pembahasan Facebook Pixel & Audience
19. Belajar Cara membuat facebook pixel – Bagian 1
20. Belajar Cara Membuat Facebook Pixel – Bagian 2
21. Belajar Facebook Audience
22. Belajar Twitter
23. Belajar optimasi akun twitter
24. Belajar formulasi twitter
25. Belajar Teknik Hastag di Twitter
26. Belajar Twitter Ads
27. Belajar Cara Setting Iklan di – Twitter-bagian 1
28. Belajar Cara Setting Iklan di Twitter – bagian 2
29. Belajar Instagram
30. Belajar Instagram Bisnis
31. Belajar Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis
32. Belajar Cara Penggunaan Hastag di Instagram
33. Belajar Jenis Konten di Instagram
34. Belajar Instagram Pixel
35. Belajar Cara Memasang Iklan di Instagram
36. Belajar Kesimpulan Instagram
37. Belajar Youtube
38. Belajar Cara Membuat Akun Youtube Untuk Bisnis
39. Belajar Verifikasi Akun Youtube
40. Belajar Memilih Format Video Youtube
41. Belajar Meriset Kata Kunci Di Youtube
42. Belajar Meriset Kompetitor di Youtube
43. Belajar Cara Konsisten Upload Video di Youtube
44. Belajar Youtube Analytics
45. Belajar Mempelajari Channel Favorit Anda di Youtube
46. Belajar Optimasi Akun Youtube
47. Belajar Optimasi Akun Youtube
48. Belajar Pinterest
49. Ebook
50. Live Seasson
8. Aspek Kompetensi / Output Kompetensi
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
1. Mengetahui dan Memahami tentang Sosial Media Marketing (Aspek ini dapat di lihat pada modul yang berjudul Pengenalan sosial media marketing pada menit 00.00 – 28.00)
2. Mengetahui dan Memahami cara berriklanan di berbagai sosial media (Aspek ini dapat di lihat pada modul 2 : Facebook Ads Strategy video materi “facebook Ads” menit 00.00 – 20, Modul 3 : Twitter Ads Strategy, video materi ” Twitter Ads ” menit 00.00 – 04.00, Modul 4 : Instagram Strategi, video materi ” Cara Memasang Iklan di Instagram” pada menit 00.00- 08:22)
3. Mengetahui dan Memahami strategi kreatif dan pembuatan iklan (Aspek ini dapat di lihat pada modul 4 : Instagram strategy, video yang berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis pada menit 00.00 – 06.00)
4. Mengetahui dan Memahami Membuat Konten yang Menarik untuk Sosial Media (Aspek ini dapat di lihat pada modul 1 : Sosial Media Marketing video materi berjudul membuat Konten Social media pada menit 00.00 – 08.30)
5. Mengetahui dan Memahami Cara Membuat Konten Gambar dan Video Untuk Sosial Media (Aspek ini dapat di lihat pada modul 4 : Instagram Ads Strategy pada video materi berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis pada menit 00.00 – 06.27)
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
1. Mampu Mengenal tentang Sosial Media Marketing (Aspek ini dapat di lihat pada modul yang berjudul Pengenalan sosial media marketing pada menit 00.00 – 28.00)
2. Mampu Beriklan di berbagai sosial media (Aspek ini dapat dilihat pada modul Cara Membuat iklan di Facebook, cara membuat iklan di twitter, cara membuat iklan di instagram dan cara membuat iklan di youtube pada menit 00.00-08:22)
3. Mampu Merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan (Aspek ini dapat di lihat pada video yang berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis pada menit 00.00 – 06.0)
4. Mampu Membuat Konten yang Menarik untuk Sosial Media (Aspek ini dapat di lihat pada video berjudul Aturan Dalam membuat KOnten Social media pada menit 00.00 – 08.30)
5. Mampu Membuat Konten Gambar dan Video Untuk Sosial Media (Aspek ini dapat dilihat pada video berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis pada menit 00.00 – 06.27)
Aspek Kompetensi: Sikap
1. Bertanggung jawab dalam membuat konten (Aspek ini dapat di lihat pada video berjudul Aturan Dalam membuat KOnten Social media pada menit 00.00 – 08.30)
2. Teliti dalam membuat strategi iklan (Aspek ini dapat di lihat pada modul 2 : Facebook Ads Strategy video materi “facebook Ads” menit 00.00 – 20, Modul 3 : Twitter Ads Strategy, video materi ” Twitter Ads ” menit 00.00 – 04.00, Modul 4 : Instagram Strategi, video materi ” Cara Memasang Iklan di Instagram” pada menit 00.00- 08:22)
3. Cermat dalam memilih ide konten (Aspek ini dapat di lihat pada video berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis pada menit 00.00 – 06.27)
9. Metode Ajar
Metode Ajar yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Self Paced Learning
10. Harga
Rp. 500.000
11. Tenaga Pelatih
Nama : MUSTOFA DJAZULI
Profil Tenaga Pelatih : Spesialis pemasaran digital dengan pengalaman lebih dari sembilan tahun. Terbukti sukses dalam menjalankan kampanye pemasaran digital dan menerapkan strategi pemasaran untuk merek utama (Acer, Mamasuka, Air Asia, Vietjet, Tokio Marine, Indonesia Kay-by Djarum, UPH). Mahir dalam pengembangan web, pakar SEO, media sosial, dan strategi pemasaran digital
12. Jadwal Sesi Konseling
Mustofa Djazuli, Rabu, 11:00 – 12.00 WIB
13. Nama Lembaga Pelatih
TechforID
14. Mekanisme Evaluasi
Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal Pre Test
2. Soal Kuis
3. Soal Pop-up Kuis
4. Soal Post Test
5. Penugasan atau Tugas Akhir