A. JUDUL
Menulis Konten untuk Beragam Media sebagai Penulis Media Interaktif
Deskripsi Pelatihan
Dengan mengikuti pelatihan ini peserta akan menjadi desainer multimedia khususnya di bidang content creator
Content creator merupakan sebutan bagi seseorang yang melahirkan berbagai materi content baik berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi. untuk konten-konten yang dibuat oleh para content creator itu biasanya dimuat di platform digital, seperti YouTube, Instagram, Snapchat, WordPress, dan sebagainya
Menurut data dari Asosiasi Digital Marketing Indonesia kebutuhan akan content creator pada tahun 2021 sangat tinggi (https://digimind.id/), selain itu karena kondisi pandemic banyak perusahaan beralih ke digital. Sayangnya saat ini masih sedikit sekali orang yang menguasai keahlian content creator, Akibatnya peluang peserta untuk memperoleh pekerjan sangat tinggi
Di pelatihan ini peserta akan diajarkan bagaimana membuat content yang menarik di sosial media, menentukan target audiens, menganalisis karakteristik pengguna di media sosial dan media distribusi di Indonesia
Pelatihan ini dibuat dengan merujuk kepada Acuan KBJI 2014 (2166.08) dan menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI ) Nomor 118 tahun 2014, SKKNI Nomor 81 tahun 2014, SKKNI Nomor 455 2015, sehingga sesuai dengan kebutuhan industri
Kompetensi yang akan peserta pelajari pada program pelatihan ini yaitu :
1. Kompeten manjadi seorang content creator
2. Kompeten menjadi spesialis di media sosial dan media distribusi
3. Kompeten dalam menganalis ruang lingkup
4. Kompeten cara mengoperasikan atau menggunakan fitur yang ada di media sosial dan media distribusi
5. Kompeten dalam mengamati perkembangan yang ada di media sosial dan media distribusi
6. Kompeten dalam mengembangkan sebuah ide
7. Kompeten dalam memutuskan target pasar
8. Kompeten dalam menganalisis karakteristik pengguna di media sosial dan media distribusi di Indonesia
9. Kompeten dalam mengatur jalannya sebuah produksi konten
B. KOMPETENSI
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge) :
1. Memahami definisi dari content creator (Aspek ini dapat dilihat di Modul 1 : Introduction, Video materi ” Pengenalan Content Creator” Menit 00.00 – 07.36 )
2. Memahami tugas content creator (Aspek ini dapat dilihat di Modul 1 : Introduction, Video materi ” Tugas Content Creator part 1 dan 2″ Menit 00.00 – 12.38)
3. Memahami media yang digunakan content creator di Indonesia (Aspek ini dapat dilihat di Modul 1 : Introduction, Video materi ” Media Platform Lainnya” Menit 00.00 – 05:42)
4. Memahami identitas setiap media yang digunakan content creator
5. Memahami kelebihan serta kekurangan media yang digunakan content creator (Aspek ini dapat dilihat di Modul 1 : Introduction, Video materi “Segmentasi Pasar Part 1,2 & 3” Menit 00.00 – 17.01
6. Memahami cara menggunakan media yang digunakan content creator
7. Memahami cara dasar untuk menggunakan software untuk membuat tampilan konten menjadi lebih menarik (Aspek ini dapat dilihat di Modul 2 : LANGKAH-LANGKAH MENJADI CONTENT CREATOR, Video Materi” Hal yang perlu dikuasai Content Creator ” Menit 00.00 – 08.32)
8. Memahami bagaimana mengembangkan ide
9. Memahami mempersiapkan sebuah konten
10. Memahami cara membuat konten
11. Memahami cara mengemas sebuah konten
12. Memahami dasar sebuah promosi
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill) :
1. Mampu menjadi content creator yang memahami tugas seorang content creator (Aspek ini dapat dilihat di Modul 1 : Introduction, Video materi ” Tugas Content Creator part 1 dan 2″ Menit 00.00 – 12.38)
2. Mampu mengoperasikan media sosial dan media distribusi yang digunakan di Indonesia
3. Mampu mengikuti perkembangan trend yang ada di media sosial dan media distribusi di Indonesia
4. Mampu mengetahui perbedaan antara media sosial dan media distribusi
5. Mampu membuat target pasar untuk media yang akan digunakan
6. Mampu membuat konsep yang matang untuk membuat sebuah konten
7. Mampu mengeksekusi konten dengan baik
8. Mampu mengemas konten menjadi lebih menarik
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude) :
1. Cermat dalam memilih pembahasan dan pengembangan ide
2. Cekatan dalam mengetahui topik yang sedang hangat di perbincangjan
3. Berani dan bertanggung jawab atas konten yang diciptakan
4. Bekerja sama dengan baik dengan orang lain
5. Menerima saran dan kritik dari tim atau orang lain yang berkompeten
C. SASARAN PESERTA
Peserta pelatihan yang dapat mengikuti pelatihan ini yaitu diperuntukan laki-laki atau wanita, minimal lulusan SMA/SMK Sederajat, minimal usia 18 tahun dengan memiliki minimal Handphone, laptop ataupun komputer yang sudah terinstall oleh aplikasi berbagai sosial media Diutamakan peserta yang memiliki minat pada social media.
D. TUJUAN PELATIHAN
Tujuan Umum :
Diakhir pelatihan peserta mampu membuat content yang menarik di berbagai media sosial
Tujuan Khusus :
1. Kompeten manjadi seorang content creator
2. Kompeten menjadi spesialis di media sosial dan media distribusi
3. Kompeten dalam menganalis ruang lingkup
4. Kompeten cara mengoperasikan atau menggunakan fitur yang ada di media sosial dan media distribusi
5. Kompeten dalam mengamati perkembangan yang ada di media sosial dan media distribusi
6. Kompeten dalam mengembangkan sebuah ide
7. Kompeten dalam memutuskan target pasar
8. Kompeten dalam menganalisis karakteristik pengguna di media sosial dan media distribusi di Indonesia
9. Kompeten dalam mengatur jalannya sebuah produksi konten
E. SILABUS DAN DURASI
1. Pengenalan Materi Belajar 2:29
2. Pengenalan Content Creator 7:36
3. Pengenalan Twitter 7:45
4. Pengenalan Instagram 9:28
5. Pengenalan Youtube 9:28
6. Pengenalan youtube – 2 9:56
7. Pengenalan Youtube – 3 5:46
8. Pengenalan TikTok 9:58
9. Pengenalan TikTok – 2 3:15
10. Media Platform Lainnya 5:42
11. Tugas Content Creator 8:40
12. Tugas Content Creator – 2 3:58
13. Segmentasi Pasar 4:07
14. Jenis Segmentasi Pasar 3:09
15. Jenis Segmentasi Pasar – 2 5:40
16. Jenis Segmentasi Pasar – 3 4:05
17. Hal yang perlu dikuasai Content Creator 8:32
18. Pemahaman Bahasa 7:35
19. Membuat Caption 5:58
20. Tugas Tim Produksi 9:46
21. Tugas Tim Produksi – 2 9:38
22. Tugas Tim Produksi – 3 5:45
23. Proses Produksi 8:34
24. Proses Produksi – 2 9:23
25. Proses Produksi – 3 9:35
26. Proses Produksi – 4 9:44
27. Proses Produksi – 5 9:44
28. Proses Produksi – 6 5:20
29. Pendaftaran Youtube Creator 9:54
30. Pendaftaran Youtube Creator – 2 9:54
31. Pendaftaran Youtube Creator – 3 9:54
32. Pendaftaran Youtube Creator – 4 10:00
33. Instagram Content Creator 10:00
34. Ebook 01:00:00
35. Live Seasson 02:00:00
TOTAL : 7 JAM, 10 MENIT, 18 DETIK
F. KAPASITAS JENIS/KELAS PELATIHAN
Tidak terbatas
G. METODE AJAR/LATIH DAN EVALUASI PESERTA
Metode Ajar yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Self Paced Learning
H. DATA INSTRUKTUR DAN RIWAYAT PROFESI
Nama : Meuthia Nabila
Profil Tenaga pelatih : I am a fast learner and responsible person. I have skills in writing and creating social media content. I like learning new things, especially behind the scenes productions and culture
I. JENIS/KLASIFIKASI SERTIFIKAT
Certificate of completion
J. MEKANISME EVALUASI
Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal Pre Test
2. Soal Kuis
3. Soal Pop-up Kuis
4. Soal Post Test
5. Penugasan atau Tugas Akhir