A. Judul dan Deskripsi Pelatihan
Judul
Membuat strategi perencanaan pemasaran & membuat kampanye Iklan yang efektif sebagai staff spesialis sosial media (spesialis periklanan)
Deskripsi
Dengan mempelajari materi ini, peserta akan menjadi spesialis periklanan dengan kemampuan memahami cara kerja riset market, mempromosikan produk secara online, menemukan produk yang laris dipasaran, melakukan riset produk competitor, menciptkan produk sendiri, meggunkan aplikasi facebook ads, membuat halaman facebook, mengatur strategi beriklan di facebook dan melakukan strategi konversi di facebook ads.
Dengan mengikuti pelatihan ini peserta akan menjadi seorang spesialis periklanan Sebagai spesialis periklanan,anda dapat mengiklankan bisnis melalui Facebook yang merupakan gerbang utama agar produk bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Selain itu anda juga dapat meningkatkan penjualan produk menggunakan facebook Menurut data dari Asosiasi Digital Markrting Indonesia kebutuhan akan sepesialis periklanan Facebook pada tahun 2021 sangat tinggi ( https://digimind.id/ ) dan selain itu karena kondisi pandemic banyak perusahaan beralih ke digital. Sayangnya masih sedikit sekali yang menguasai keahlian spesialis periklanan di Facebook Akibatnya peluang anda untuk memperoleh pekerjan sangat tinggi Di pelatihan ini anda akan memahami kegunaan seluruh tools yang ada pada Facebook bisnis. Sehingga anda dapat memanfaatkan Facebook bisnis untuk menjalankan iklan di Facebook. Anda dapat menguasai strategi efektif mengubah traffic menjadi konversi untuk memaksimalkan potensi bisnis. Pelatihan ini dibuat dengan menggunakan SKP Asosasi Digital Marketing Indonesia Unit Kompetensi Digital Marketing dan Internet Marketing Strategi kode unit : IM.110619.002.01, sehingga sesuai dengan kebutuhan industri Sesuai dengan kebutuhan industry, Kompetensi yang akan anda pelajaru pada program pelatihan ini yaitu :
1. Kompeten memahami cara kerja riset market
2. Kompeten mempromosikan produk secara online
3. Kompeten menemukan produk yang laris di pasaran
4. Kompeten melakukan riset produk kompetitor
5. Kompeten menciptakan produk sendiri
6. Kompeten menggunakan aplikasi faceboook ads
7. Kompeten membuat halaman facebook
8. Kompeten dalam mengatur stratgei di facebook ads
9. Kompeten mempromosikan dan melakukan strategi konversi di facebook ads
B. Kompetensi
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Dengan mempelajari pelatihan Belajar menjadi Spesialis Periklanan Facebook, siswa:
1. Memahami dan menguasai cara kerja riset market part modul (Aspek ini bisa dilihat pada modul Facebook Ads Manager di video yang berjudul Target Audience Ideal Anda dari menit ke 00:00 -00.14)
2. Memahami dan menguasai promosi produk secara online ( Aspek ini bisa dilihat pada modul Facebook Ads Manager di video yang berjudulMembuat Iklan Pertama Anda dari menit ke 00:00 -00.29.35)
3. Memahami dan menguasai cara menemukan produk yang laris di pasaran ( Aspek ini bisa dilihat pada video berjudul Pengenalan Business Manager Bagian menit ke 00.00 – 12.33)
4. Memahami dan menguasai cara meriset produk kompetitor ( Aspek ini bisa dilihat pada video berjudul Pengenalan Business Manager Bagian menit ke 00.00 – 12.33)
5. Memahami dan menguasai cara menciptakan produk sendiri ( Aspek ini bisa dilihat pada video berjudul Target Audience Ideal Anda menit ke 00.00 – 14.30)
6. Memahami dan menguasai penggunaan aplikasi faceboook ads (Aspek ini bisa dilihat pada video yang berjudul Promosi Iklan ke Custom Audience dari menit 00.00 – 06:27)
7. Memahami dan menguasai pembuatan halaman facebook (Aspek ini bisa dilihat pada video yang berjudul Membuat Facebook Page Anda dari menit ke 00:00 -00.15.44)
8. Memahami dan menguasai strategi di facebook ads
9. Memahami dan menguasai promosi dan strategi konversi di facebook ads (Aspek ini bisa dilihat pada video yang berjudul Sales Funel dan Strategi Konversi dari menit ke 00:00 -00.20.31)
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Dengan mempelajari pelatihan Belajar menjadi Spesialis Periklanan Facebook, peserta:
1. Mampu mengidentifikasi cara kerja riset market (Aspek ini bisa dilihat pada modul Facebook Ads Manager di video yang berjudul Target Audience Ideal Anda dari menit ke 00:00 -00.14)
2. Mampu menentukan promosi produk secara online ( Aspek ini bisa dilihat pada modul Facebook Ads Manager di video yang berjudulMembuat Iklan Pertama Anda dari menit ke 00:00 -00.29.35)
3. Mampu menemukan produk yang laris di pasaran ( Aspek ini bisa dilihat pada video berjudul Pengenalan Business Manager Bagian menit ke 00.00 – 12.33)
4. Mampu menentukan cara meriset produk kompetitor ( Aspek ini bisa dilihat pada video berjudul Pengenalan Business Manager Bagian menit ke 00.00 – 12.33)
5. Mampu menentukan cara menciptakan produk sendiri ( Aspek ini bisa dilihat pada video berjudul Target Audience Ideal Anda menit ke 00.00 – 14.30)
6. Mampu menggunakan aplikasi faceboook ads (Aspek ini bisa dilihat pada video yang berjudul Promosi Iklan ke Custom Audience dari menit 00.00 – 06:27)
7. Mampu membuat halaman facebook (Aspek ini bisa dilihat pada video yang berjudul Membuat Facebook Page Anda dari menit ke 00:00 -00.15.44)
8. Mampu menentukan strategi beriklan di facebook ads
9. Mampu mempromosikan dan menentukan strategi konversi di facebook ads (Aspek ini bisa dilihat pada video yang berjudul Sales Funel dan Strategi Konversi dari menit ke 00:00 -00.20.31)
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Dengan mempelajari pelatihan Belajar menjadi Spesialis Periklanan Facebook, siswa:
1. Melakukan kerja riset market sesuai dengan kebutuhan pasar (Aspek ini bisa dilihat pada modul Facebook Ads Manager di video yang berjudul Target Audience Ideal Anda dari menit ke 00:00 -00.14)
2. Menentukan promosi produk secara online sesuai kebutuhan penjual ( Aspek ini bisa dilihat pada modul Facebook Ads Manager di video yang berjudulMembuat Iklan Pertama Anda dari menit ke 00:00 -00.29.35)
3. Menentukan produk yang laris di pasaran dengan teliti ( Aspek ini bisa dilihat pada video berjudul Pengenalan Business Manager Bagian menit ke 00.00 – 12.33)
4. Teliti melakukan riset produk kompetitor ( Aspek ini bisa dilihat pada video berjudul Pengenalan Business Manager Bagian menit ke 00.00 – 12.33)
5. Menciptakan produk sendiri sesuai kebutuhan yang diinginkan ( Aspek ini bisa dilihat pada video berjudul Target Audience Ideal Anda menit ke 00.00 – 14.30)
6. Menggunakan aplikasi faceboook ads sesuai kebutuhan (Aspek ini bisa dilihat pada video yang berjudul Promosi Iklan ke Custom Audience dari menit 00.00 – 06:27)
7. Membuat halaman facebook sesuai standar (Aspek ini bisa dilihat pada video yang berjudul Membuat Facebook Page Anda dari menit ke 00:00 -00.15.44)
C. Sasaran Peserta
1. Pendidikan minimal SMA.SMK
2. Memiliki Smartphone dan atau laptop
3. Mengenal platform facebook
4. Memiliki pengetahauan dasar-dasar periklanan
D. Tujuan Pelatihan
Tujuan Umum :
Di akhir pelatihan Belajar menjadi Spesialis Periklanan Facebook, Peserta mampu mengaplikasikan strategi periklanan menggunakan aplikasi Facebook secara efisien dan tepat sasaran sesuai dengan strategi periklanan
Tujuan Khusus :
1. Kompeten memahami cara kerja riset market
2. Kompeten mempromosikan produk secara online
3. Kompeten menemukan produk yang laris di pasaran
4. Kompeten melakukan riset produk kompetitor
5. Kompeten menciptakan produk sendiri
6. Kompeten menggunakan aplikasi faceboook ads
7. Kompeten membuat halaman facebook
8. Kompeten dalam mengatur stratgei di facebook ads
9. Kompeten mempromosikan dan melakukan strategi konversi di facebook ads
E. Silabus dan Durasi
1. Pengenalan Business Manager Bagian A 06:10
2. Pengenalan Business Manager Bagian B 06:23
3. Setup Business Manager 08:46
4. Menambahkan Page di Business Manager 08:42
5. Menambahkan Ad Account di Business Manager Bagian A 06:10
6. Menambahkan Ad Account di Business Manager Bagian B 05:06
7. Setup Payment Method Anda Bagian A 06:10
8. Setup Payment Method Anda Bagian B 07:45
9. Menambahkan People di Business Manager Baguian A 06:10
10. Menambahkan People di Business Manager Bagian B 04:53
11. Membuat Facebook Page Anda Bagian A 07:10
12. Membuat Facebook Page Anda Bagian B 08:34
13. Membuat Facebook Post Anda Bagian A 09:10
14. Membuat Facebook Post Anda Bagian B 09:08
15. Membuat Iklan Pertama Anda Bagian A 08:10
16. Membuat Iklan Pertama Anda Bagian B 08:10
17. Membuat Iklan Pertama Anda Bagian C 08:10
18. Membuat Iklan Pertama Anda Bagian D 05: 43
19. Membaca Ads Report Bagian A 09:10
20. Membaca Ads Report Bagian B 08:06
21. Memahami Audience Anda Bagian A 06:10
22. Memahami Audience Anda Bagian B 04:36
23. Memahami Campaign Objectives Bagian A 07:10
24. Memahami Campaign Objectives Bagian B 07:55
25. Menggunakan Berbagai Tipe Placement Iklan 09:14
26. Menggunakan Berbagai Tipe Format Iklan 06:03
27. Membangun Custom Audience Anda Bagian A 06:10
28. Membangun Custom Audience Anda Bagian B 04:30
29. Promosi Iklan ke Custom Audience 06:27
30. Target Audience Ideal Anda Bagian A 07:10
31. Target Audience Ideal Anda Bagian B 07:20
32. Install Google Tag Manager Pada Website WordPress Anda 09:06
33. Integrasi Pixel Facebook dan Membuat Event Tracking di Google Tag Manager Bagian A 08:10
34. Integrasi Pixel Facebook dan Membuat Event Tracking di Google Tag Manager Bagian B 08:10
35. Integrasi Pixel Facebook dan Membuat Event Tracking di Google Tag Manager Bagian C 06:54
36. Sales Funel dan Strategi Konversi Bagian A 08:10
37. Sales Funel dan Strategi Konversi Bagian B 08:10
38. Sales Funel dan Strategi Konversi Bagian C 08:10
39. Sales Funel dan Strategi Konversi Bagian D 04:11
40. Session 2:00:00
41. E-Book 1:00:00
F. Kapasitas Jenis/Kelas Pelatihan
Tak Terbatas
G. Metode Ajar/Latih dan Evaluasi Peserta
Metode Ajar yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Full LMS dengan tambahan jadwal live session senin sampai dengan jumat pukul 09.00-12.00 WIB mengenai penggunaan LMS.
H. Data Instruktur dan Riwayat Profesi
Nama : Rudianto
Lahir di Serang pada tanggal 18 September 1990, 31 thn, Rudi menempuh pendidikan Strata 1 di STMIK Indonesia Fakultas Sistem Informasi. Memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dibidang Programming dan Digital Marketing search engine optimization ( SEO ) dan juga Search Engine Marketing ( SEM) dan juga memilliki pengalaman mengajar lebih dari 3 (Tiga) tahun di bidang Desain Grafis, Pembuatan Website, Digital Marketing Seperti cara beriklan di Facebook, di Google, Twitter, Instagram, Cara beriklan di Youtube dan juga programing seperti Vue Js dan JavaScript, sebagai instruktur dan narasumber di berbagai kementerian dan perusahaan swasta seperti Telkomsel, Kominfo, Kemendikbud, LIPI, BNI dll.
I. Jenis/Klasifikasi Sertifikat
Certificate of completion
J. Mekanisme Evaluasi
Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal quiz
2. Soal-soal Post Test
3. dan Penugasan