1. Judul Pelatihan
Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Membuat Iklan Menggunakan Google Adsense Bagi Spesialis Pemasaran
2. Deskripsi Pelatihan
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan dapat menjadi seorang spesialis pemasaran
Sebagai spesialis pemasaran, dapat membuat perencanaan periklanan, mengelola hubungan dengan klien, merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan serta strategi dan pembelian media.
Menurut data dari Asosiasi Digital Markerting Indonesia kebutuhan akan sepesialis periklanan di internet atau Digital Marketing pada tahun 2021 sangat tinggi ( https://digimind.id/ ), kondisi saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa semua perusahaan beralih ke digital. Oleh karena itu banyak dibutuhkan sekali kebutuhan perusahaan akan keahlian spesialis periklanan khususnya menggunakan goggle adsense.
Di akhir pelatihan Peserta mampu membuat halaman website sederhana menggunakan wordpress, membuat tampilan website menarik agar website bisa banyak di kunjungi Pelatihan ini dibuat dengan merujuk kepada Acuan KBJI 2014 (2431.03) dan menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia ( SKKNI ) Nomor 351 Tahun 2014 tentang Periklanan sehingga pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan industri
Kompetensi yang akan dipelajari pada program pelatihan ini yaitu :
1. Kompeten menggunakan google adsense
2. Kompeten melihat penghasilan di google adsense
3. Kompeten Menarik dana dari google adsense
4. Kompeten menampilkan iklan adsense
5. Kompeten meningkatkan kualitas Iklan
6. Kompeten membuat akun google Ads
7. Kompeten membuat kampanye iklan
8. Kompeten melakukan re-targeting
9. Kompeten menggunakan youtube Ads
10. Kompeten membuat landing page
3. Tujuan Umum Pelatihan
Di akhir pelatihan, peserta dapat memahami bagaimana cara membuat website dengan penuh inspirasi serta memahami bagaimana cara mengoptimalkan website sesuai dengan strategi periklanan dan pemasaran
4. Tujuan Khusus Pelatihan
Program pelatihan Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Membuat Iklan Menggunakan Google Adsense Bagi Spesialis Pemasaran, memiliki tujuan sebagai berikut :
1. Kompeten menggunakan google adsense
2. Kompeten melihat penghasilan di google adsense
3. Kompeten Menarik dana dari google adsense
4. Kompeten menampilkan iklan adsense
5. Kompeten meningkatkan kualitas Iklan
6. Kompeten membuat akun google Ads
7. Kompeten membuat kampanye iklan
8. Kompeten melakukan re-targeting
9. Kompeten menggunakan youtube Ads
10. Kompeten membuat landing page
5. Sasaran Kelompok Peserta
Peserta pelatihan yang dapat mengikuti pelatihan ini yaitu diperuntukan :
1. laki-laki atau wanita,
2. minimal pendidikn SMA/SMK Sederajat,
3. minimal usia 18 tahun
4. memiliki minimal smartphone dan laptop/komputer untuk praktek
6. Durasi Detail dan Total Durasi
1. Introduction 03:06
2. Apa Itu Google Adsense 04:11
3. Cara Daftar Google Adsense Bagian A 08:58
4. Cara Daftar Google Adsense Bagian B 08:33
5. Menampilkan Iklan Adsense 05:32
6. Langkah Dasar Yang Harus Diperhatikan 07:33
7. Perbedaan Digital MArketing Dan Tradisional Marketing 05:16
8. Pengenalan Google Ads Bagian A 05:56
9. Pengenalan Google Ads Bagian B 05:40
10. Tips Meningkatkan Kualitas Iklan 06:48
11. Membuat Akun Google Ads Bagian A 05:50
12. Membuat Akun Google Ads Bagian B 06:05
13. Membuat Akun Google Ads Bagian C 05:58
14. Membuat Akun Google Ads Bagian D 05:39
15. Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 1 Bagian A 06:47
16. Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 1 Bagian B 06:11
17. Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 1 Bagian C 07:07
18. Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 1 Bagian D 06:04
19. Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 2 Bagian A 06:48
20. Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 2 Bagian B 06:48
21. Cara Edit Iklan 08:21
22. Cara Melakukan Pembayaran 04:02
23. Retargeting Bagian A 07:44
24. Retargeting Bagian B 07:25
25. Youtube Ads Bagian A 06:50
26. Youtube Ads Bagian B 05:17
27. Landing Page Bagian A 06:35
28. Landing Page Bagian B 06:50
29. Landing Page Bagian C 07:51
30. Closing 03:38
31. Live Session 02:00:00
32. Ebook 01:00:00
TOTAL DURASI : 6 JAM, 9 MENIT, 23 DETIK
7. Silabus/Gambaran Pelatihan
1. Introduction
2. Belajar Apa Itu Google Adsense
3. Belajar Cara Daftar Google Adsense Bagian A
4. Belajar Cara Daftar Google Adsense Bagian B
5. Belajar Menampilkan Iklan Adsense
6. Belajar Langkah Dasar Yang Harus Diperhatikan
7. Belajar Perbedaan Digital MArketing Dan Tradisional Marketing
8. Belajar Pengenalan Google Ads Bagian A
9. Belajar Pengenalan Google Ads Bagian B
10. Belajar Tips Meningkatkan Kualitas Iklan
11. Belajar Membuat Akun Google Ads Bagian A
12. Belajar Membuat Akun Google Ads Bagian B
13. Belajar Membuat Akun Google Ads Bagian C
14. Belajar Membuat Akun Google Ads Bagian D
15. Belajar Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 1 Bagian A
16. Belajar Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 1 Bagian B
17. Belajar Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 1 Bagian C
18. Belajar Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 1 Bagian D
19. Belajar Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 2 Bagian A
20. Belajar Membuat Kampanye Iklan Dan Grup Iklan Part 2 Bagian B
21. Belajar Cara Edit Iklan
22. Belajar Cara Melakukan Pembayaran
23. Belajar Retargeting Bagian A
24. Belajar Retargeting Bagian B
25. Belajar Youtube Ads Bagian A
26. Belajar Youtube Ads Bagian B
27. Belajar Landing Page Bagian A
28. Belajar Landing Page Bagian B
29. Belajar Landing Page Bagian C
30. Closing
31. Live Session
32. Ebook
8. Aspek Kompetensi / Output Kompetensi
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Dengan mempelajari materi Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Membuat Iklan Menggunakan Google Adsense Bagi Spesialis Pemasaran, peserta :
1. Memahami apa itu google adsense (Aspek ini dapat dilihat di Modul 1 : Pengenalan Google Adsense dan Google Ads, Video Materi “APA ITU GOOGLE ADSENSE” Menit 00.00 – 04:11)
2. Mengetahui dan memahami cara daftar google adsense (Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Pengenalan Google Adsense dan Google Ads, video materi “CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE BAGIAN A” Menit 00:00 – 08:58)
3. Mengetahui dan memahami tips meningkatkan kualitas iklan (Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Pengenalan Google Adsense dan Google Ads, video materi “TIPS MENINGKATKAN KUALITAS IKLAN” Menit 00:00 – 06:48)
4. Mengetahui dan memahami perbedaan antara digital marketing dan tradisional marketing (Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Pengenalan Google Adsense dan Google Ads, video materi “PERBEDAAN DIGITAL MARKETING DAN TRADISIONAL MARKETING” Menit 00:00 – 05:16)
5. Mengetahui dan memahami cara edit iklan (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Membuat Kampanye Iklan Google dan Landing Page, video materi “CARA EDIT IKLAN” Menit 00:00 – 08:21)
6. Mengetahui dan memahami cara edit iklan (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Membuat Kampanye Iklan Google dan Landing Page, video materi “CARA MELAKUKAN PEMBAYARAN” Menit 00:00 – 04:02)
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Dengan mempelajari materi Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Membuat Iklan Menggunakan Google Adsense Bagi Spesialis Pemasaran, peserta :
1. Mampu melakukan pendaftaran pada google adsense (Aspek ini dapat dilihat pada modul 1 : Pengenalan Google Adsense dan Google Ads dengan materi “CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE BAGIAN A” dari menit 00:00 – 08:58)
2. Mampu menampilkan iklan adsense (Aspek ini dapat dilihat pada modul 1 : Pengenalan Google Adsense dan Google Ads dengan materi “MENAMPILKAN IKLAN ADSENSE” dari menit 00:00 – 05:32)
3. Mampu membuat akun google ads (Aspek ini dapat dilihat pada modul 1 : Pengenalan Google Adsense dan Google Ads dengan materi “MEMBUAT AKUN GOOGLE ADS BAGIAN A” dari menit 00:00 – 05:50)
4. Mampu meningkatkan kualitas iklan (Aspek ini dapat dilihat pada modul 1 : Pengenalan Google Adsense dan Google Ads dengan materi “TIPS MENINGKATKAN KUALITAS IKLAN” dari menit 00:00 – 06:48)
5. Mampu membuat kampanye iklan dan grup iklan (Aspek ini dapat dilihat pada modul 2 : Membuat Kampanye Iklan Google dan Landing Page dengan materi “MEMBUAT KAMPANYE IKLAN DAN GRUP IKLAN PART 1 BAGIAN A” dari menit 00:00 – 06:47)
6. Mampu melakukan edit iklan (Aspek ini dapat dilihat pada modul 2 : Membuat Kampanye Iklan Google dan Landing Page dengan materi “CARA EDIT IKLAN” dari menit 00:00 – 08:21)
7. Mampu melakukan pembayaran (Aspek ini dapat dilihat pada modul 2 : Membuat Kampanye Iklan Google dan Landing Page dengan materi “CARA MELAKUKAN PEMBAYARAN” dari menit 00:00 – 04:02)
Aspek Kompetensi: Sikap
Dengan mempelajari materi Mengoptimalkan Strategi Pemasaran Membuat Iklan Menggunakan Google Adsense Bagi Spesialis Pemasaran, peserta :
1. Teliti dalam memperhatikan langkah dasar yang dilakukan (Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Introduction, Video materi ” LANGKAH DASAR YANG HARUS DIPERHATIKAN” menit 00.00 -07:33)
2. Cermat dalam melakukan pembuatan akun google ads (Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Introduction, Video materi ” MEMBUAT AKUN GOOGLE ADS Bagian A,B,C dan D menit 00.00 – 27.00)
3. Bertanggung jawab dalam pembuatan kampannye iklan dan grup Iklan (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Membuat Kampanye Iklan Google dan Landing Page, Video materi “MEMBUAT KAMPANYE IKLAN DAN GRUP IKLAN Part 1 -2, menit : 00.00 – 37.00)
4. Jeli dan detail dalam melakukan edit iklan (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Membuat Kampanye Iklan Google dan Landing Page, Video materi “CARA EDIT IKLAN” menit 00.00 – 08:21)
5. Berhati-hati dalam melakukan pembayaran (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Membuat Kampanye Iklan Google dan Landing Page, Video materi “CARA MELAKUKAN PEMBAYARAN” menit 00.00 – 04:02)
6. Teliti dalam membuat landing page (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 :Membuat Kampanye Iklan Google dan Landing Page, Video materi ” LANDING PAGE” bagian A-C Menit 00.00 – 19.00)
9. Metode Ajar
Metode Ajar yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Self Paced Learning
10. Harga
Rp. 500.000
11. Tenaga Pelatih
Nama : Rudianto, S.Kom
Profil Tenaga pelatih : Rudianto (Lahir di Serang pada tanggal 18 september 1990, 30 thn), dengan nama sapaan Rudi , Rudianto menepuh pendidikan Strata 1 di Sekolah tinggi manajemen informatikan dan komunikasi indonesia. Rudianto ahli di bidang search engine optimization ( SEO ) dan juga Search Engine Marketing ( SEO ), Dikarenakan prestasinya, diapun dipercaya untuk mengajar materi Digital Marketing untuk Badan pertanahan nasional serta di percaya untuk menjadi Pengajar peserta Beasiswa Digitalent yang diadakan oleh Kominfo.
12. Jadwal Sesi Konseling
Rudianto, S.Kom : Rabu, 11:00 – 12:00 WIB
13. Nama Lembaga Pelatih
TechforID
14. Mekanisme Evaluasi
Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal Pre Test
2. Soal Kuis
3. Soal Pop-up Kuis
4. Soal Post Test
5. Penugasan atau Tugas Akhir