1. Judul Pelatihan
Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar (Spreadsheet) Tingkat Dasar Dan Perangkat Lunak Kerja Tingkat Lanjut Sebagai Data Analyst
2. Deskripsi Pelatihan
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta akan menjadi seorang peraga penjualan.
Sebagai peraga penjualan, peserta berhadapan langsung dengan calon pembeli atau calon customer dan menginformasikan kepada pelanggan tentang karakteristik dan cara penggunaan produk/ jasa sesuai dengan strategi penjualan.
Selain itu, peserta melakukan analisa pasar serta mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan dari pelanggan.
Menurut data dari World Economic Forum (WEF) pada buku The Future of Jobs, kebutuhan akan sales dan profesional marketing sangat tinggi dan dibutuhkan. Jika peserta mempunyai keahlian ini, maka tidak akan sulit bagi peserta untuk menemukan pekerjaan di masa sekarang.
Pelatihan ini merujuk pada KBJI 2014 dengan kode 5242.02 Profesi Jabatan Peraga Jualan dan telah disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Nomor 389 Tahun 2013.
Kompetensi yang dilatih pada pelatihan ini, yaitu :
1. Kompeten memahami apa itu sales dan marketing
2. Kompeten memahami akan kebutuhan dan keinginan
3. Kompeten memahami manajemen pemasaran dan penjualan
4. Kompeten membuat analisa permintaan pasar, pencarian peluang/sasaran pemasaran, menganalisa pasar, dan segmentasi konsumen dan perilaku konsumen
5. Kompeten membuat rencana program operasional dan strategi marketing
6. Kompeten mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan juga strategi implementasinya
7. Kompeten memahami teknik penjualan
3. Tujuan Umum Pelatihan
Diakhir pelatihan, peserta Mampu mendapatkan pemahaman tentang praktik dan proses yang dilakukan seorang analis data.
Dan Mengetahui bagaimana cara membersihkan dan mengolah data untuk kepentingan analisis menggunakan Spreadsheet.
Pelatihan ini merujuk pada KBJI 2014 dengan kode 5242.02 Profesi Jabatan Peraga Jualan dan telah disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Nomor 389 Tahun 2013.
4. Tujuan Khusus Pelatihan
1. Kompeten Menggunakan spreadsheet untuk analisis data
2. Kompeten Melakukan data cleaning
3. Kompeten Mengoreksi data secara sistematis lewat algoritma
4. Kompeten Menggunakan tools Analysis pada spreadsheet
5. Kompeten Menghitung data secara statistic
6. Kompeten Menampilkan hasil data dalam sebuah tabel ataupun bagan
7. Kompeten mengenal Decision-Making
5. Kelompok Sasaran
Peserta yang dapat mengikuti pelatihan ini, yaitu :
1. Pendidikan minimal SMA.SMK
2. Perempuan dan Laki-laki
3. Memiliki smartphone atau komputer atau laptop
4. Memiliki pengetahuan tentang google spreadsheet
6. Durasi Detail dan Total Durasi
01 INTRODUCE 0:03:54
02 exact 0:06:19
03 trim 0:06:16
04 filter 0:06:24
05 sort 0:05:30
06 sort & filter 0:07:45
07 Study Case 1 (Bagian 1) 0:07:34
07 Study Case 1 (Bagian 2) 0:08:14
08 type 0:06:09
09 text 0:04:05
10 value 0:03:09
11 round 0:03:27
12 study case 2 0:08:44
13 concatenate 0:04:18
14 lower upper proper 0:06:07
15 len 0:03:15
16 left 0:04:38
17 left len 0:04:41
18 right 0:04:48
19 right len 0:03:25
20 substitute 0:03:45
21 study case 3 0:05:16
22 period length 0:02:28
23 now today 0:03:38
24 month 0:03:06
25 weekday 0:02:37
26 study case 4 0:03:18
27 vlookup 1 0:04:41
28 vlookup 2 0:06:17
29 Case Study 5 (Bagian 1) 0:04:59
29 Case Study 5(Bagian 2) 0:07:02
30 a1 and or 0:07:29
31 unique 0:04:01
32 countif 0:04:11
33 sumif 0:08:04
34 averageif 0:07:57
35 countifs 0:05:28
36 sumifs 0:07:27
37 sum averageifs 0:07:50
38 study case a 0:06:42
39 study case b 0:08:02
40 study case c 0:06:28
41 IF (Bagian 1) 0:05:16
41 IF (Bagian 2) 0:08:05
42 Data Visual 0:05:37
43 Data Visual Bagian 2 0:06:15
44 Data Visual Bagian 3 0:06:42
45 Data Visual Bagian 4 0:07:14
46 Data Visual Bagian 5 0:06:42
47 Data Visual Bagian 6 0:07:00
48 closing 0:03:13
49. Live Session : 2:00:00
TOTAL DURASI : 6 JAM, 45 MENIT, 32 DETIK
7. Silabus/Gambaran Materi
01. Belajar INTRODUCE
02. Belajar exact
03. Belajar trim
04. Belajar filter
05. Belajar sort
06. Belajar sort & filter
07. Belajar Study Case 1 (Bagian 1)
07. Belajar Study Case 1 (Bagian 2)
08. Belajar type
09. Belajar text
10. Belajar value
11. Belajar round
12. Belajar study case 2
13. Belajar concatenate
14. Belajar lower upper proper
15. Belajar len
16. Belajar left
17. Belajar left len
18. Belajar right
19. Belajar right len study case month and Data Visual
20. Belajar substitute
21. Belajar study case 3
22. Belajar period length
23. Belajar now today
24. Belajar month
25. Belajar weekday
26. Belajar study case 4
27. Belajar vlookup 1
28. Belajar vlookup 2
29. Belajar Case Study 5 (Bagian 1)
29. Belajar Case Study 5(Bagian 2)
30. Belajar a1 and or
31. Belajar unique
32. Belajar countif
33. Belajar sumif
34. Belajar averageif
35. Belajar countifs
36. Belajar sumifs
37. Belajar sum averageifs
38. Belajar study case a
39. Belajar study case b
40. Belajar study case c
41. Belajar IF (Bagian 1)
41. Belajar IF (Bagian 2)
42. Belajar Data Visual
43. Belajar Data Visual Bagian 2
44. Belajar Data Visual Bagian 3
45. Belajar Data Visual Bagian 4
46. Belajar Data Visual Bagian 5
47. Belajar Data Visual Bagian 6
8. Aspek Kompetensi / Output Kompetensi
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge)
Dengan mempelajari materi ini, peserta :
1. Memahami apa itu sales dan marketing (Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS PENGERTIAN DASAR MARKETING, pada menit 00.48 – 04:27)
2. Memahami akan kebutuhan dan keinginan pelanggan(Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS_ELEMEN MARKETING, pada menit 00.56 – 05:40)
3. Memahami manajemen produk dan pemasaran (Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS PRODUCT SESION 2, pada menit 02.11 – 05:48)
4. Memahami channel distribusi penjualan (Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS PLACE & DISTRIBUTION 1, pada menit 03.11 – 08:37)
5. Memahami strategi Promosi Produk (Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS PROMOTION 2, pada menit 01.50 – 05:48)
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill)
Dengan mempelajari materi ini, peserta :
1. Mampu Menentukan strategi marketing yang baik Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS_BASIC PRINCIPLES OF MARKETING 2_1, pada menit 01.30 – 08:36)
2. Mampu Mengaplikasikan teknik- teknik pemasaran (Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS BASIC PRINCIPLES OF MARKETING_1, pada menit 01.53 – 05:10)
3. Menganalisa permintaan pasar, sasaran dan segmentasi pelanggan(Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS ELEMEN MARKETING, pada menit 00.56 – 05:40)
4. Mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan(Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS PROMOTION 2, pada menit 01.50 – 05:48)
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude)
Dengan mempelajari materi ini, peserta :
1. Semangat dalam membuat inovasi dan desain produk(Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS PRODUCT SESION 1, pada menit 01.31 – 07:56)
2. Ramah dalam melayani pelanggan(Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang MARKETING CLASS P5 PEOPLE 1, pada menit 02.41 – 04:55)
4. Teliti (Aspek ini bisa dilihat dari modul 1 tentang MARKETING CLASS PLACE & DISTRIBUTION 5, pada menit 01.50 – 05:45)
9. Metode Ajar
Metode Ajar Self Place Learning
10. Harga
Rp. 500.000
11. Tenaga Pelatih
Nama : Ardian Dwi Praba
Profil Tenaga Pelatih :
Ardian Dwi Praba, M.Kom , Lulus Pasca
Sarjana Magister Ilmu Komputer Pada Tahun 2015 STMIK Nusa Mandiri. Berpengalaman lebih dari 7 tahun Mengajar Di Kampus Universitas Bina Sarana Informatika dan Universitas Nusa Mandiri Jakarta. Beliau juga sebagai tenaga ahli baik di instansi swasta maupun negri dalam pengembangan aplikasi dan software
12. Jadwal Sesi Konseling
Ardian Dwi Praba, Rabu, 11:00 – 12:00
13. Nama Lembaga Pelatih
TechforID
14. Mekanisme Evaluasi
Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal quiz
2. Soal-soal Post Test
3. dan Penugasan