A. Judul
Membuat Strategi kampanye Iklan yang efektif menggunakan Google adwords sebagai Spesialis Periklanan
Deskripsi pelatihan :
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan akan menjadi seorang Spesialis Periklanan dengan Google Ads.
Sebagai spesialis periklanan, Anda dapat mengiklankan bisnis dengan menggunakan Google Ads di mana merupakan wadah utama sebuah produk dapat dilihat oleh lebih banyak orang. Selain itu, peserta dapat meningkatkan penjualan produk menggunakan Google Ads
Jika melihat dari data Asosiasi Digital Marketing Indonesia (digimind), kebutuhan akan spesialis periklanan di tahun 2021 sangat tinggi (https://digimind.id/). Melihat kembali kondisi pandemi yang terjadi, sudah banyak perusahaan beralih ke digital.
Sayangnya, masih sedikit sekali yang menguasai keahlian spesialis periklanan di Google. Akibatnya peluang dalam memperoleh pekerjaan sangat tinggi (https://digimind.id/)
Peserta dapat menggunakan semua tools yang ada pada Google bisnis atau Google Ads dan menjalankan iklan di Google serta menguasai strategi efektif beriklan dan menghasilkan dana di google ads memaksimalkan potensi bisnis. membuat peserta mendapatkan penghasilan tambahan melalui monetisasi website Di akhir pelatihan, peserta mengiklankan produk di Google sesuai dengan strategi efektif periklanan di internet
Program pelatihan merujuk dalam KBJI Tahun 2014 dengan Kode 2431.03 [Jabatan spesialis periklanan].
Standar kompetensi yang digunakan dalam pelatihan ini telah disesuaikan dengan standar kompetensi SKKNI NO 351 TAHUN 2014
Sesuai dengan kompetensi tersebut yang dilatih dalam pelatihan ini yaitu :
1. Kompeten menguasai dan memahami tentang Google Adword
2. Kompeten menguasai dan memahami fitur yang ada di Google Adwords
3. Kompeten menguasai dan memahami cara mempersiapkan Google Adwords
4. Kompeten menguasai dan memahami cara membuat iklan video
5. Kompeten menguasai dan memahami tentang Google Analytic
6. Kompeten menguasai dan memahami cara membuat copywriting yang menarik
7. Kompeten menguasai dan memahami cara pembuatan landing page
B. KOMPETENSI
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge) :
Dengan mempelajari pelatihan Membuat Strategi kampanye Iklan yang efektif menggunakan Google adwords sebagai Spesialis Periklanan, peserta mampu :
1. Memahami tentang Google Adword (Aspek ini bisa dilihat dari Modul 1 Google Ads pada video materi “Introduce dan Mengenal google ads part 1 dan 2” pada menit 00.00 – 13:10)
2. Memahami fitur yang ada di Google Adwords (Aspek ini bisa dilihat di modul 1 : Google Ads, Video materi Fitur google ads part 1-2 menit 00.00 – 13.00)
3. Memahami cara mempersiapkan Google Adwords (aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Google Ads , Video materi “Persiapan google ads” menit 00.00 – 06.40)
4. Memahami cara membuat iklan video (aspek ini dapat dilihat di modul 1 : google ads, video materi “Praktek membuat iklan video” part 1-3 menit 00.00 – 19.00)
5. Memahami tentang Google Analytic (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Google Analytic dan landing page, video materi “Google analytic” menit 00.00 – 03.19)
6. Memahami cara membuat copywriting yang menarik (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Google analytic, video materi “Membuat copywriting” part 1-3 menit 00.00 – 15.00)
7. Memahami cara membuatan landing page (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Google Analytic dan Landing page, video materi “Praktek landing page” part 1-2 menit 00.00 – 09.00)
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill) :
Dengan mempelajari pelatihan Membuat Strategi kampanye Iklan yang efektif menggunakan Google adwords sebagai Spesialis Periklanan, siswa:
1.Mampu tentang Google Adword (Aspek ini bisa dilihat dari Modul 1 Google Ads pada video materi “Introduce dan Mengenal google ads part 1 dan 2” pada menit 00.00 – 13:10)
2. Mampu Menggunakan fitur yang ada di Google Adwords (Aspek ini bisa dilihat di modul 1 : Google Ads, Video materi Fitur google ads part 1-2 menit 00.00 – 13.00)
3. Mampu mempersiapkan Google Adwords (aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Google Ads , Video materi “Persiapan google ads” menit 00.00 – 06.40)
4. Mampu membuat iklan video (aspek ini dapat dilihat di modul 1 : google ads, video materi “Praktek membuat iklan video” part 1-3 menit 00.00 – 19.00)
5. Mampu mengenal tentang Google Analytic (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Google Analytic dan landing page, video materi “Google analytic” menit 00.00 – 03.19)
6. Mampu membuat copywriting yang menarik (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Google analytic, video materi “Membuat copywriting” part 1-3 menit 00.00 – 15.00)
7. Mampu membuat landing page (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Google Analytic dan Landing page, video materi “Praktek landing page” part 1-2 menit 00.00 – 09.00)
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude) :
Dengan mempelajari pelatihan Membuat Strategi kampanye Iklan yang efektif menggunakan Google adwords sebagai Spesialis Periklanan, siswa:
1. Teliti dalam pengenalan Google Adword (Aspek ini bisa dilihat dari Modul 1 Google Ads pada video materi “Introduce dan Mengenal google ads part 1 dan 2” pada menit 00.00 – 13:10)
2. Cekatan dalam Menggunakan fitur yang ada di Google Adwords (Aspek ini bisa dilihat di modul 1 : Google Ads, Video materi Fitur google ads part 1-2 menit 00.00 – 13.00)
3. Teliti dalam mempersiapkan Google Adwords (aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Google Ads , Video materi “Persiapan google ads” menit 00.00 – 06.40)
4. Teliti dalam membuat iklan video (aspek ini dapat dilihat di modul 1 : google ads, video materi “Praktek membuat iklan video” part 1-3 menit 00.00 – 19.00)
5. Teliti dalam mengenal tentang Google Analytic (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Google Analytic dan landing page, video materi “Google analytic” menit 00.00 – 03.19)
6. Cermat, menggunakan bahasa yang baik & sopan dalam membuat copywriting yang menarik (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Google analytic, video materi “Membuat copywriting” part 1-3 menit 00.00 – 15.00)
7. Cekatan membuat landing page (Aspek ini dapat dilihat di modul 2 : Google Analytic dan Landing page, video materi “Praktek landing page” part 1-2 menit 00.00 – 09.00)
C. SASARAN PESERTA
Peserta pelatihan yang dapat mengikuti pelatihan ini, yaitu :
1. Pendidikan minimal SMA/SMK
2. Memiliki Smartphone dan atau laptop
3. Pernah melakukan penjualan secara online
4. Mengenal minimal satu (1) sosial media
D. TUJUAN PELATIHAN
Tujuan Umum :
Di akhir Pelatihan Membuat Strategi kampanye Iklan yang efektif menggunakan Google adwords sebagai Spesialis Periklanan, Peserta mampu menerapkan strategi periklanan menggunakan platform Google Ads
Tujuan Khusus :
Program pelatihan Membuat Strategi kampanye Iklan yang efektif menggunakan Google adwords sebagai Spesialis Periklanan, memiliki tujuan sebagai berikut :
1. Kompeten menguasai dan memahami tentang Google Adword
2. Kompeten menguasai dan memahami fitur yang ada di Google Adwords
3. Kompeten menguasai dan memahami cara mempersiapkan Google Adwords
4. Kompeten menguasai dan memahami cara membuat iklan video
5. Kompeten menguasai dan memahami tentang Google Analytic
6. Kompeten menguasai dan memahami cara membuat copywriting yang menarik
7. Kompeten menguasai dan memahami cara pembuatan Kompeten landing page
E. SILABUS DAN DURASI
1. Introduction 03:08
2. Mengenal Google Ads Part 1 05:11
3. Mengenal Google Ads Part 2 05:44
4. Fitur Google Ads Part 1 05:36
5. Fitur Google Ads Part 2 08:06
6. Persiapan google ads 06:40
7. Cara Kerja Google Ads 04:13
8. Iklan Penelusuran Part 1 07:35
9. Iklan Penelusuran Part 2 06:47
10. Praktek Membuat Google Ads Part 1 06:55
11. Praktek Membuat Google Ads Part 2 06:13
12. Praktek Membuat Google Ads Part 3 05:48
13. Praktek Membuat Iklan Video Part 1 05:48
14. Praktek Membuat Iklan Video Part 2 07:39
15. Praktek membuat iklan video part 3 07:56
16. Membaca Dashboard Part 1 06:56
17. Membaca dashboard part 2 06:23
18. Google Tag Manager (GTM) 04:29
19. Praktek Membuat GTM Part 1 05:57
20. Praktek membuat GTM part 2 05:50
21. Google Analytic 03:19
22. Praktek Google Analytic Part 1 07:07
23. Praktek google analytic part 2 07:58
24. Praktek Google Analytic Part 3 07:44
25. Membuat Copywriting Part 1 07:44
26. Membuat Copywriting Part 2 08:02
27. Praktek Copywriting Part 1 06:23
28. Praktek Copywriting Part 2 06:13
29. Praktek Copywriting part 3 07:00
30. Praktek iklan copywriting part 1 06:24
31. Praktek iklan copywriting part 2 08:07
32. Praktek Landing Page Part 1 04:30
33. Praktek Landing Page Part 2 05:32
34. Praktek Copywriting Display Part 1 06:48
35. Praktek Copywriting Display Part 2 05:43
36. Praktek Copywriting Display Part 3 06:17
37. Closing Akhir 04:42
38. Ebook 01:00:00
39. Live sesion 02:00:00
TOTAL DURASI : 6 JAM 8 MENIT 40 DETIK
F. KAPASITAS JENIS/KELAS PELATIHAN
Tidak terbatas
G. METODE AJAR/LATIH DAN EVALUASI PESERTA
Metode Ajar yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Self Paced Learning
H. DATA INSTRUKTUR DAN RIWAYAT PROFESI
Nama : Mustofa Djazuli
Profil Tenaga Pelatih : Spesialis pemasaran digital dengan pengalaman lebih dari 9 tahun. Terbuktisukses dalam menjalankan kampanye pemasaran digital dan menerapkan strategi pemasaran untuk merek utama (Acer, Mamasuka, Air Asia, Vietjet, Tokio Marine, Indonesia Kay-oleh Djarum, UPH). Mahir dalam web pengembangan, pakar SEO, media sosial, dan strategi pemasaran digital.
I. Jadwal Sesi Konseling
Senin, 10:00 – 11:00 WIB
J. JENIS/KLASIFIKASI SERTIFIKAT
Sertifikat Penyelesaian & Sertifikat Kelulusan
K. MEKANISME EVALUASI
Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal Pre Test
2. Soal Kuis
3. Soal Pop-up Kuis
4. Soal Post Test
5. Penugasan atau Tugas Akhir