A. Judul dan Deskripsi Pelatihan
Judul :
Merancang Strategi Kreatif Pembuatan Iklan Menggunakan Sosial Media Sebagai Spesialis Periklanan
Deskripsi Pelatihan :
Dengan mengikuti pelatihan ini peserta akan menjadi seorang spesialis periklanan.
Sebagai spesialis periklanan,peserta dapat mengiklankan bisnis melalui sosial media.Di pelatihan ini anda akan memahami kegunaan seluruh tools yang ada pada sosial media mulai dari facebook, Instagram, Twitter, You Tube, Pinterest, Google ads dan Landing page Sehingga peserta dapat memanfaatkan Instagram bisnis untuk menjalankan iklan di berbagai media sosial.
Selain itu anda juga dapat meningkatkan penjualan produk menggunakan sosial media. Menurut data dari Asosiasi Digital Marketing Indonesia kebutuhan akan sepesialis periklanan khususnya disosial media pada tahun 2021 sangat tinggi (https://digimind.id/) dan selain itu karena kondisi pandemic banyak perusahaan beralih ke digital. Sayangnya masih sedikit sekali yang menguasai keahlian spesialis periklanan di sosial media Akibatnya peluang anda untuk memperoleh pekerjan sangat
Pelatihan ini dibuat dengan menggunakan acuan KBJI 2014 dengan Kode 2431.01 jabatan Spesialis Periklanan dan Menggunakan Standar kompetensi Kerja Nasional Indonesia Nomor 351 Tahun 2014 Tentang Periklan
Kompetensi yang akan anda pelajari pada program pelatihan ini yaitu :
1. Kompeten Mengenal Sosial Media Marketing
2. Kompeten Membuat perencanaan Periklanan di berbagai sosial media
3. Kompeten Merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan
4. Kompeten Membuat Konten yang Menarik untuk Sosial Media
5. Kompeten Membuat Konten Gambar dan Video Untuk Sosial Media
6. Kompeten Membuat Akun di Berbagai Sosial Media
B. KOMPETENSI
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge) :
1. Mengetahui dan Memahami tentang Sosial Media Marketing (Aspek ini dapat di lihat pada modul yang berjudul Pengenalan sosial media marketing pada menit 00.00 – 10.00 )
2. Mengetahui dan Memahami cara berriklanan di berbagai sosial media (Aspek ini dapat dilihat pada modul Cara Membuat iklan di Facebook, cara membuat iklan di twitter, cara membuat iklan di instagram dan cara membuat iklan di youtube )
3. Mengetahui dan Memahami strategi kreatif dan pembuatan iklan (Aspek ini dapat di lihat pada video yang berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis )
4. Mengetahui dan Memahami Membuat Konten yang Menarik untuk Sosial Media (Aspek ini dapat di lihat pada video berjudul Aturan Dalam membuat KOnten Social media pada menit 00.00 – 08.30)
5. Mengetahuhi dan Memahami Cara Membuat Konten Gambar dan Video Untuk Sosial Media (Aspek ini dapat di lihat pada video berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis pada menit 00.00 – 06.27
6. Mengetahuhi dan Memahami Cara Membuat Akun di Berbagai Sosial Media (Aspek ini dapat di lihat pada video yang berjdul, Cara Membuat Akun Youtube Untuk Bisnis pada menit 00.00 – 09.17)
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill) :
1. Mempu Mengenal tentang Sosial Media Marketing (Aspek ini dapat di lihat pada modul yang berjudul Pengenalan sosial media marketing pada menit 00.00 – 10.00)
2. Mampu Beriklan di berbagai sosial media (Aspek ini dapat dilihat pada modul Cara Membuat iklan di Facebook, cara membuat iklan di twitter, cara membuat iklan di instagram dan cara membuat iklan di youtube )
3. Mampu Merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan (Aspek ini dapat di lihat pada video yang berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis )
4. Mampu Membuat Konten yang Menarik untuk Sosial Media (Aspek ini dapat di lihat pada video berjudul Aturan Dalam membuat KOnten Social media pada menit 00.00 – 08.30)
5. Mampu Membuat Konten Gambar dan Video Untuk Sosial Media (Aspek ini dapat di lihat pada video berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis pada menit 00.00 – 06.27
6. Mampu Membuat Akun di Berbagai Sosial Media (Aspek ini dapat di lihat pada video yang berjdul, Cara Membuat Akun Youtube Untuk Bisnis pada menit 00.00 – 09.17)
Aspek Kompetensi: Sikap (Attitude) :
1. Bertanggung jawab dalam membuat konten (Aspek ini dapat di lihat pada video berjudul Aturan Dalam membuat Konten Social media pada menit 00.00 – 08.30)
2. Teliti dalam membuat strategi iklan (Aspek ini dapat dilihat pada modul Cara Membuat iklan di Facebook, cara membuat iklan di twitter, cara membuat iklan di instagram dan cara membuat iklan di youtube )
3. Cermat dalam memilih ide konten (Aspek ini dapat di lihat pada video berjudul Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis pada menit 00.00 – 06.27
C. SASARAN PESERTA
Peserta pelatihan yang dapat mengikuti pelatihan ini yaitu diperuntukan laki-laki atau wanita, minimal lulusan SMA/SMK Sederajat, minimal usia 18 tahun dengan memiliki minimal Handphone, laptop ataupun komputer yang sudah terinstal oleh aplikasi berbagai sosial media Diutamakan peserta yang memiliki minat pada social media.
D. TUJUAN PELATIHAN
Tujuan Umum :
Di Akhir Pelatihan ini peserta akan mampu menggunakan seluruh tools yang ada pada sosial media mulai dari facebook, Instagram, Twitter, You Tube, Pinterest, Google ads dan Landing page Sehingga peserta dapat memanfaatkan sosial media untuk menjalankan iklan
Tujuan Khusus :
1. Kompeten Mengenal Sosial Media Marketing
2. Kompeten Membuat perencanaan Periklanan di berbagai sosial media
3. Kompeten Merancang strategi kreatif dan pembuatan iklan
4. Kompeten Membuat Konten yang Menarik untuk Sosial Media
5. Kompeten Membuat Konten Gambar dan Video Untuk Sosial Media
6. Kompeten Membuat Akun di Berbagai Sosial Media
E. Silabus dan Durasi
1. Pengenalan Materi Belajar – 03:54
2. Pengenalan Social Media Marketing – 10:00
3. Pengenalan Social Media Marketing – Bagian 2 03:32
4. Konten Social Media – 05:45
5. Aturan Dalam membuat Konten Social media – 08:30
6. Facebook – 03:36
7. Facebook Page – 05:34
8. Canva untuk design konten social media – bagian 1 09:58
9. Canva untuk design konten social media – bagian 2 – 03:46
10. Optimasi Facebook Page – 08:57
11. Setting Facebook Chat – 04:23
12. Facebook Creator Studio – 08:24
13. Facebook Ads – Bagian 1 – 09:54
14. Facebook Ads – Bagian 2 – 09:54
15. Facebook Ads – Bagian 3 – 02:41
16. Cara Membuat iklan di Facebook – Bagian 1 09:54
17. Cara Membuat Iklan di Facebook – Bagian 2 – 04:02
18. Pembahasan Facebook Pixel & Audience – 07:30
19. cara membuat facebook pixel – bagian 1 09:59
20. Cara Membuat Facebook Pixel – Bagian 2 – 01:17
21. Facebook Audience – 09:10
22. Twitter – 02:11
23. optimasi akun twitter – 03:54
24. formulasi twitter – 06:38
25. Teknik Hastag di Twitter – 06:03
26. Twitter Ads – 04:55
27. Cara Setting Iklan di Twitter – bagian 1 09:57
28. Cara Setting Iklan di Twitter – bagian 2 02:58
29. Instagram – 02:25
30. Instagram Bisnis – 05:41
31. Rahasia Membuat Konten Instagram Secara Praktis – 06:27
32. Cara Penggunaan Hastag di Instagram – 06:19
33. Jenis Konten di Instagram – 05:22
34. Instagram Pixel – 02:29
35. Cara Memasang Iklan di Instagram – 08:16
36. Kesimpulan Instagram – 02:58
37. Youtube – 01:48
38. Cara Membuat Akun Youtube Untuk Bisnis – 09:17
39. Verifikasi Akun Youtube – 08:19
40. Memilih Format Video Youtube – 04:54
41. Meriset Kata Kunci Di Youtube – 06:19
42. Meriset Kompetitor di Youtube – 07:19
43. Cara Konsisten Upload Video di Youtube – 03:45
44. Youtube Analytics – 04:43
45. Mempelajari Channel Favorit Anda di Youtube – 04:17
46. Optimasi Akun Youtube – bagian 09:51
47. Optimasi Akun Youtube – bagian 2 01:58
48. Pinterest – 06:34
49. LIVE SESSION 02:00:00
50. EBOOK 01:00:00
TOTAL DURASI : 6 JAM : 46 MENIT : 17 DETIK
F. KAPASITAS JENIS/KELAS PELATIHAN
Tidak terbatas
G. METODE AJAR/LATIH DAN EVALUASI PESERTA
Metode Ajar yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Self Paced Learning
H. DATA INSTRUKTUR DAN RIWAYAT PROFESI
Nama : Mustofa Djazuli
Profil Tenaga Pelatih : Spesialis pemasaran digital dengan pengalaman lebih dari 9 tahun. Terbuktisukses dalam menjalankan kampanye pemasaran digital dan menerapkan strategi pemasaran untuk merek utama (Acer, Mamasuka, Air Asia, Vietjet, Tokio Marine, Indonesia Kay-oleh Djarum, UPH). Mahir dalam web pengembangan, pakar SEO, media sosial, dan strategi pemasaran digital.
I. Jadwal Sesi Konseling
Senin, 09:00 – 10:00 WIB
J. JENIS/KLASIFIKASI SERTIFIKAT
Sertifikat Penyelesaian & Sertifikat Kelulusan
K. MEKANISME EVALUASI
Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal Pre Test
2. Soal Kuis
3. Soal Pop-up Kuis
4. Soal Post Test
5. Penugasan atau Tugas Akhir