A. JUDUL
Membuat kampanye dan Iklan yang efektif sebagai staf spesialis sosial media (spesialis periklanan)
Deskripsi pelatihan
Dengan mengikuti pelatihan ini peserta akan menjadi seorang Spesialis Periklanan
Sebagai seorang spesialis periklanan, peserta dapat mengiklankan bisnis melalui TikTok yang merupakan gerbang utama agar produk bisa dilihat oleh lebih banyak orang. Selain itu, peserta juga dapat meningkatkan penjualan produk menggunakan TikTok.
Menurut data dari Asosiasi Digital Marketing Indonesia kebutuhan akan spesialis periklanan dan pemasaran TikTok pada tahun 2021 sangat tinggi (digimind.id) dan selain itu karena kondisi pandemi banyak perusahaan beralih ke digital.
Sayangnya masih sedikit sekali yang menguasai keahlian spesialis periklanan dan pemasaran di TikTok. Akibatnya peluang peserta untuk memperoleh pekerjan sangat tinggi (https://digimind.id/).
Di pelatihan ini peserta akan memahami kegunaan seluruh tools yang ada pada TikTok Ads. Sehingga peserta dapat memanfaatkan TikTok Ads untuk menjalankan iklan di TikTok. Peserta dapat menguasai strategi efektif mengubah traffic menjadi konversi untuk memaksimalkan potensi bisnis.
Pelatihan ini dibuat dengan merujuk kepada KBJI tahun 2014 dengan kode 2431.01 profesi jabatan Spesialis Periklanan. Selain itu, pelatihan ini telah disesuaikan dengan menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) No. 351 Tahun 2014
Sesuai dengan kebutuhan industri, Kompetensi yang akan peserta pelajari pada program pelatihan ini yaitu:
1. Kompeten Menggunakan Tiktok Business
2. Kompeten Menentukan Target Audience
3. Kompeten Membuat Akun Tiktok Ads Manager dan Membaca Dashboard
4. Kompeten Menggunakan Format Iklan Tiktok (Format Ad)
5. Kompeten Set-up Tiktok Pixel
6. Kompeten Melakukan Praktik Terbaik dan Kreatif Menggunakan Tools
7. Kompeten Membuat Landing Page dengan WordPress”
B. KOMPETENSI
Aspek Kompetensi: Pengetahuan (Knowledge) :
Dengan Mempelajari materi Membuat kampanye dan Iklan yang efektif sebagai staf spesialis sosial media (spesialis periklanan), peserta :
1. Mampu Mengetahui apa itu Aplikasi Tiktok (Aspek ini dapat dilihat dari Modul 1 : Introduction, pada video materi “” Perkenalan Tiktok”” Menit 00.00 – 04:10)
2. Mampu memahami cara menentukan target audience
(Aspek ini dapat dilihat di Modul 1 : Introduction, pada video materi “”Menentukan Target Audience”” Part 1-2 menit 00.00 – 13.00)
3. Mampu memahami algoritma Tiktok
(Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Introduction, Video materi “”Tiktok Algoritma”” Menit 00.00 – 03:21)
4. Mampu memahami cara pembuatan akun tiktok ads manager
(Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Introduction, Video materi “”Membuat Account Tiktok Ads Manager”” Menit 00.00 – 06.00 )
5. Mampu memahami format iklan tiktok
(Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Introduction, Video materi “”Tiktok Ad Format”” part 1-3 Menit 00.00 – 21.00)
6. Mampu memahami cara melakukan set-up tiktok pixel
(Aspek ini dapat dilihat di modul 2: Tiktok Ads, Video materi “”Setup Tiktok Pixel”” Menit 00.00 – 15.00)
7. Mampu Mengetahui cara membaca dashboard tiktok ads manager
( Aspek ini dapat dilihat di modul 2: Tiktok Ads, Video materi “”Membaca Dashboard Tiktok ads manager”” menit 00.00 – 04:48)
8. Mampu memahami cara membuat landing page menggunakan wordpress
(Aspek ini dapat dilihat di modul 3 : Creative Tools & Best Practice, Video materi “”Membuat landing page”” menit 00.00 – 03:02, dan Video materi “”Instalasi wordpress”” menit 00.00 – 15.00)
Aspek Kompetensi: Keterampilan (Skill) :
Dengan Mempelajari materi Membuat kampanye dan Iklan yang efektif sebagai staf spesialis sosial media (spesialis periklanan), peserta :
1. Mampu menggunakan Tiktok Business
(Aspek ini dapat dilihat dari Modul 1 : Introduction, pada video materi “” Tiktok For Business”” menit 00.00 – 03:49)
2.Mampu menentukan target audience
(Aspek ini dapat dilihat di Modul 1 : Introduction, pada video materi “”Menentukan Target Audience”” Part 1-2 menit 00.00 – 13.00)
3. Mampu membuat akun tiktok ads manager
(Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Introduction, Video materi “”Membuat Account Tiktok Ads Manager”” Menit 00.00 – 06.00 )
4. Mampu menggunakan format iklan tiktok
(Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Introduction, Video materi “”Tiktok Ad Format”” part 1-3 Menit 00.00 – 21.00)
5. Mampu melakukan set-up tiktok pixel
(Aspek ini dapat dilihat di modul 2: Tiktok Ads, Video materi “”Setup Tiktok Pixel”” Menit 00.00 – 15.00)
6. Mampu membaca dashboard tiktok ads manager
( Aspek ini dapat dilihat di modul 2: Tiktok Ads, Video materi “”Membaca Dashboard Tiktok ads manager”” menit 00.00 – 04:48)
7. Mampu melakukan praktik terbaik dalam penggunaan tools tiktok
(Aspek ini dapat dilihat di modul 3: Creative Tools & Best Practice, Video materi CREATIVE TOOLS & BEST PRACTICE part 1-5, menit 00.00 – 27.00)
8. Mampu membuat landing page menggunakan wordpress (Aspek ini dapat dilihat di modul 3 : Creative Tools & Best Practice, Video materi “”Membuat landing page”” menit 00.00 – 03:02, dan Video materi “”Instalasi wordpress”” menit 00.00 – 15.00)
Aspek Kompetensi: Sikap :
Dengan mempelajari materi Bahasa Inggris untuk Awak Kapal, peserta :
Dengan Mempelajari materi Membuat kampanye dan Iklan yang efektif sebagai staf spesialis sosial media (spesialis periklanan), peserta :
1. Cermat dalam menentukan target audience
(Aspek ini dapat dilihat di Modul 1 : Introduction, pada video materi “”Menentukan Target Audience”” Part 1-2 menit 00.00 – 13.00)
2. Teliti dalam menggunakan format iklan tiktok
(Aspek ini dapat dilihat di modul 1 : Introduction, Video materi “”Tiktok Ad Format”” part 1-3 Menit 00.00 – 21.00)
3. Detail dan teliti dalam membaca dashboard tiktok ads manager
( Aspek ini dapat dilihat di modul 2: Tiktok Ads, Video materi “”Membaca Dashboard Tiktok ads manager”” menit 00.00 – 04:48)
4. Berhati-hati daln kreatif dalam melakukan praktik terbaik penggunaan tools tiktok
(Aspek ini dapat dilihat di modul 3: Creative Tools & Best Practice, Video materi CREATIVE TOOLS & BEST PRACTICE part 1-5, menit 00.00 – 27.00)
C. SASARAN PESERTA
Peserta pelatihan yang dapat mengikuti pelatihan ini yaitu diperuntukan :
1. Laki-laki atau wanita,
2. Minimal lulusan SMA/SMK Sederajat
3. Minimal usia 18 tahun
4.Minimal memilijin Handphone, laptop ataupun komputer yang sudah terintal oleh aplikasi TikTok.
5. Diutamakan peserta yang memiliki minat pada social media.
D. TUJUAN PELATIHAN
Tujuan Umum :
Di akhir pelatihan, peserta mampu menjalankan Tiktok Ads sendiri dan menganalisa optimasi unruk kinerja iklan sesuai dengan prinsip dasar periklanan.
Tujuan Khusus :
Program Pelatihan Membuat kampanye dan Iklan yang efektif sebagai staf spesialis sosial media (spesialis periklanan), memiliki tujuan sebagai berikut :
1. Kompeten Menggunakan Tiktok Business
2. Kompeten Menentukan Target Audience
3. Kompeten Membuat Akun Tiktok Ads Manager dan Membaca Dashboard
4. Kompeten Menggunakan Format Iklan Tiktok (Format Ad)
5. Kompeten Set-up Tiktok Pixel
6. Kompeten Melakukan Praktik Terbaik dan Kreatif Menggunakan Tools
7. Kompeten Membuat Landing Page dengan WordPress
E. SILABUS DAN DURASI
1. INTRODUCTION 01:58
2. TIKTOK FOR BUSINESS 03:49
3. PERKENALAN TIKTOK 04:10
4. MENENTUKAN TARGET AUDIENCE PART 1 06:05
5. MENENTUKAN TARGET AUDIENCE PART 2 07:11
6. BUYER PERSONA 05:10
7. TIKTOK ALGORITMA 03:21
8. MEMBUAT ACCOUNT TIKTOK ADS MANAGER BAGIAN A 02:11
9. MEMBUAT ACCOUNT TIKTOK ADS MANAGER BAGIAN B 04:38
10. CAMPAIGN STRUCTURE 05:56
11. TIKTOK AD FORMAT PART 1 BAGIAN A 06:38
12. TIKTOK AD FORMAT PART 1 BAGIAN B 05:28
13. TIKTOK AD FORMAT PART 2 02:34
14. TIKTOK AD FORMAT PART 3 07:03
15. TIKTOK AUTOMATED CREATIVE OPTIMIZATION 02:29
16. CUSTOM AUDIENCE & LOOKALIKE AUDIENCE 05:56
17. SPLIT TESTING 05:19
18. SETUP TIKTOK PIXEL BAGIAN A 06:10
19. SETUP TIKTOK PIXEL BAGIAN B 07:26
20. SETUP TIKTOK PIXEL BAGIAN C 02:28
21. IKLAN SIMPLE MODE BAGIAN A 05:57
22. IKLAN SIMPLE MODE BAGIAN B 05:28
23. IKLAN CUSTOME MODE 05:35
24. TARGET AUDIENCE BAGIAN A 07:08
25. TARGET AUDIENCE BAGIAN B 01:40
26. TARGET AUDIENCE BAGIAN C 05:01
27. AD TIKTOK BAGIAN A 06:10
28. AD TIKTOK BAGIAN B 06:14
29. AD TIKTOK BAGIAN C 06:01
30. AD TIKTOK BAGIAN D 07:05
31. MEMBACA DASHBOARD TIKTOK ADS MANAGER 04:38
32. CREATIVE TOOLS & BEST PRACTICE PART 1 07:10
33. CREATIVE TOOLS & BEST PRACTICE PART 2 05:57
34. CREATIVE TOOLS & BEST PRACTICE PART 3 06:40
35. CREATIVE TOOLS & BEST PRACTICE PART 4 06:27
36. CREATIVE TOOLS & BEST PRACTICE PART 5 03:44
37. MEMBUAT LANDING PAGE 03:02
38. MEMBELI DOMAIN DAN HOSTING 06:41
39. INSTALASI WORDPRESS PART 1 06:29
40. INSTALASI WORDPRESS PART 2 BAGIAN A 05:25
41. INSTALASI WORDPRESS PART 2 BAGIAN B 04:53
42. CLOSING 04:17
43. Ebook 01:00:00
44. Live Seasson 02:00:00
TOTAL DURASI : 6 Jam 37 Menit 42 Detik
F. KAPASITAS JENIS/KELAS PELATIHAN
Tidak terbatas
G. METODE AJAR/LATIH DAN EVALUASI PESERTA
Metode Ajar yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Self Pace Learning
H. DATA INSTRUKTUR DAN RIWAYAT PROFESI
Nama : Mustofa Djazuli
Profil Tenaga Pelatih : Spesialis pemasaran digital dengan pengalaman lebih dari 9 tahun. Terbuktisukses dalam menjalankan kampanye pemasaran digital dan menerapkan strategi pemasaran untuk merek utama (Acer, Mamasuka, Air Asia, Vietjet, Tokio Marine, Indonesia Kay-oleh Djarum, UPH). Mahir dalam web pengembangan, pakar SEO, media sosial, dan strategi pemasaran digital.
I. JENIS/KLASIFIKASI SERTIFIKAT
Sertifikat Penyelesaian Dan Sertifikat Kelulusan
J. MEKANISME EVALUASI :
Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal Pre Test
2. Soal Kuis
3. Soal Pop-up Kuis
4. Soal Post Test
5. Penugasan atau Tugas Akhir