A. Judul
Menentukan target audience untuk kampanye dan Iklan yang efektif sebagai staf spesialis sosial media (spesialis periklanan)
Deskripsi Pelatihan :
Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta pelatihan dapat menjadi seorang spesialis
Sebagai spesialis periklanan, dapat mengiklankan bisnis melalui Twitter. Aplikasi twitter menjadi salah satu platform periklanan yang dapat mempromosikan produk-produk agar lebih luas dilihat oleh banyak orang atau calon pembeli.
Menurut data dari Asosiasi Digital Marketing Indonesia kebutuhan akan sepesialis periklanan di internet atau Digital Marketing pada tahun 2021 sangat tinggi ( https://digimind.id/ ). selain itu karena kondisi pandemic banyak perusahaan beralih ke digital. Sayangnya masih sedikit sekali yang menguasai keahlian spesialis periklanan di twitter. Akibatnya peluang peserta untuk memperoleh pekerjan sangat tinggi
Di akhir pelatihan, peserta akan memahami cara menggunakan aplikasi sosial media twitter, menaikan follower pada aplikasi sosial media twitter, membuat konten produk pada sosial media twitter, dan beriklan produk pada aplikasi sosial media twitter
Pelatihan ini dibuat dengan merujuk kepada Acuan KBJI 2014 (2431.01) dan menggunakan Standar khusus dari Asosasi Digital Marketing Indonesia dengan Unit Kompetensi : Twitter Ads (Cara beriklan di Twitter ) untuk kode unit : IM.121217.002.05, sehingga pelatihan ini sesuai dengan kebutuhan industri
Kompetensi yang akan dipelajari pada program pelatihan ini yaitu :
1.Kompeten memahami cara kerja riset market
2. Kompeten mempromosikan produk secara online
3. Kompeten menemukan produk yang laris di pasaran
4. Kompeten melakukan riset produk kompetitor
5. Kompeten menciptakan produk sendiri
6. Kompeten membuat akun sosial media twitter
7. Kompeten dalam mengiklankan produk di twitter
8. Kompeten memposting konten di twitter melalui komputer atau menggunakan android/IOS
9. Kompeten dalam membuat konten yang menarik
10. Kompeten meningkatkan jumlah kenaikan follower atau pengikut di twitter
11. Kompeten menentukan waktu yang tepat untuk memposting di twitter
B. Kompetensi
Aspek Kompetensi Pengetahuan (Knowledge) :
Dengan Mempelajari Materi Menentukan Target Audience Untuk Kampanye Dan Iklan Yang Efektif Sebagai Staf Spesialis Sosial Media (Spesialis Periklanan), Siswa :
1.memahami dan menguasai cara kerja riset market (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video berjudul cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan part 1 dan 2 pada menit 00.00 – 45.00)
2.memahami dan menguasai promosi produk secara online (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video berjudul cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan part 1 dan 2 pada menit 00.00 – 45.00)
3.memahami dan menguasai cara menemukan produk yang laris di pasaran (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video berjudul cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan part 1 dan 2 pada menit 00.00 – 45.00)
4.memahami dan menguasai cara meriset produk kompetitor (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video yang berjudul Cara Melakukan Riset Produk Kompetitor menit 00.00 – 10.30)
5.memahami dan menguasai cara menciptakan produk sendiri (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video yang berjudul Cara Menciptakan Produk Pertama Kali Setelah Menemukan Produk Unggulan Dibanding Kompetitor menit 00.00 – 24.00)
6.Memahami cara membuat akun sosial media twitter (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Membuat Akun Twitter menit 00.00- 07.49)
7.Memahami cara beriklan produk di twitter (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Promosi di Twitter berbayar part 1 dan 2 pada menit 00.00 – 08.14)
8.Memahami cara memposting konten di twitter melalui komputer atau menggunakan android/IOS (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Posting di Twitter di Komputer/Android/IOS menit 00.00 – 08.05)
9.Memahami cara membuat konten yang menarik modul 3 Twitter Ads (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Tips Trik Membuat Konten Menarik di Twitter menit 00.00 – 09:26)
10. Memahami cara meningkatkan jumlah kenaikan follower atau pengikut di twitter (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Menambah Banyak Follower GRATIS & BERBAYAR menit 00.00 – 08.30)
11. Memahami cara menentukan waktu yang tepat untuk memposting di twitter (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Waktu Yang Tepat Untuk Posting Di Twitter Dan Berapa Kali menit 00.00 – 08:06)
Aspek Kompetensi Keterampilan (Skill) :
Dengan Mempelajari Materi Menentukan Target Audience Untuk Kampanye Dan Iklan Yang Efektif Sebagai Staf Spesialis Sosial Media (Spesialis Periklanan), Siswa :
1.Mampu mengidentifikasi cara kerja riset market (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video berjudul cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan part 1 dan 2 pada menit 00.00 – 45.00)
2.Mampu menentukan promosi produk secara online (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video berjudul cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan part 1 dan 2 pada menit 00.00 – 45.00)
3.Mampu menemukan produk yang laris di pasaran (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video berjudul cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan part 1 dan 2 pada menit 00.00 – 45.00)
4.Mampu menentukan cara meriset produk kompetitor (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video yang berjudul Cara Melakukan Riset Produk Kompetitor menit 00.00 – 10.30)
5.Mampu menentukan cara menciptakan produk sendiri (Aspek ini bisa dilihat dari modul 2 tentang Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video yang berjudul Cara Menciptakan Produk Pertama Kali Setelah Menemukan Produk Unggulan Dibanding Kompetitor menit 00.00 – 24.00)
6. Mampu membuat akun sosial media twitter (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Membuat Akun Twitter menit 00.00- 07.49)
7. Mampu beriklan di sosial media twitter (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Promosi di Twitter berbayar part 1 dan 2 pada menit 00.00 – 08.14)
8. Mampu memposting konten di sosial media twitter melalui komputer atau menggunakan android/IOS (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Posting di Twitter di Komputer/Android/IOS menit 00.00 – 08.05)
9. Mampu membuat konten yang menarik (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Tips Trik Membuat Konten Menarik di Twitter menit 00.00 – 09:26)
10. Mampu meningkatkan jumlah kenaikan follower atau pengikut di twitter (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Menambah Banyak Follower GRATIS & BERBAYAR menit 00.00 – 08.30)
11. Mampu menentukan waktu yang tepat untuk memposting di twitter (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Waktu Yang Tepat Untuk Posting Di Twitter Dan Berapa Kali menit 00.00 – 08:06)
Aspek Kompetensi Sikap (Attitude) :
Dengan Mempelajari Materi Menentukan Target Audience Untuk Kampanye Dan Iklan Yang Efektif Sebagai Staf Spesialis Sosial Media (Spesialis Periklanan), Siswa :
1.Melakukan kerja riset market sesuai dengan kebutuhan pasar ( Aspek ini bisa dilihat pada modul 2 Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video Cara Melakukan Riset Produk Kompetitor Part 1&2 dimenit 00:00-10:30)
2.Menentukan promosi produk secara online sesuai kebutuhan penjual ( Aspek ini bisa di lihat dimodul Digital Marketing & Internet Marketing Strategi pada video Online Pomotion Map, menit 00:00 – 38:34)
3.Menentukan produk yang laris di pasaran dengan teliti modul 2 Digital Marketing & Internet Marketing Strategi ( Aspek ini bisa di lihat di materi video 5 Cara Menemukan Produk Laris Dari Kebutuhan Pasar , menit 00:00 – 07:25 )
4.Teliti melakukan riset produk kompetitor modul 2 Digital Marketing & Internet Marketing Strategi ( Aspek ini bisa di lihat di materi video Cara Menemukan Keunggulan Produk Anda Dibanding Kompetitor, menit 00:00 – 24:13)
5.Menciptakan produk sendiri sesuai kebutuhan yang diinginkan modul 2 Digital Marketing & Internet Marketing Strategi ( Aspek ini bisa di lihat di materi video Cara Menciptakan Produk Pertama Kali Setelah Menemukan Produk Unggulan Dibanding Kompetitor , menit 00:00 – 10:16)
6.Membuat akun sosial media twitter yang bertanggung jawab ((Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Membuat Akun Twitter menit 00.00- 07.49)
7.Beriklan di sosial media twitter dengan tanggungjawab modul 3 Twitter Ads (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Promosi di Twitter berbayar part 1 dan 2 pada menit 00.00 – 08.14)
8. memposting konten di sosial media twitter melalui komputer atau menggunakan android/IOS sesuai kaidah bahasa yang baik dan benar (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Posting di Twitter di Komputer/Android/IOS menit 00.00 – 08.05)
9.Membuat konten yang menarik sesuai kebutuhan user (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Tips Trik Membuat Konten Menarik di Twitter menit 00.00 – 09:26)
10.Meningkatkan jumlah kenaikan follower atau pengikut di twitter dengan jujur (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Cara Menambah Banyak Follower GRATIS & BERBAYAR menit 00.00 – 08.30)
11. Mampu menentukan waktu yang tepat untuk memposting di twitter dengan teliti modul 3 Twitter Ads (Aspek ini bisa dilihat dari modul 3 tentang Twitter Ads pada video yang berjudul Waktu Yang Tepat Untuk Posting Di Twitter Dan Berapa Kali menit 00.00 – 08:06)
C. Sasaran Peserta :
Peserta pelatihan yang dapat mengikuti pelatihan ini, yaitu diperuntukan :
1. Laki-laki atau wanita,
2. Minimal lulusan SMA/SMK Sederajat,
3. Minimal usia 18 tahun
4. Memiliki minimal smartphone dan laptop/komputer untuk praktik
5. Memiliki pengetahuan dasar tentang sosial media dan dasar periklanan
D. Tujuan Pelatihan :
Tujuan Umum :
Di akhir Pelatihan Belajar Membuat strategi kampanye iklan yang efektif dan tepat sasaran untuk merancang strategi kreatif pembuatan iklan menggunakan twitter ads sebagai spesialis periklanan, peserta mampu beriklan di media sosial twitter dan memahami tweet / konten yang dapat menghasilkan grup pengguna yang lebih luas atau memicu keterlibatan dari pengikut mereka yang ada, sesuai dengan stratgei periklanan
Tujuan Khusus :
Program pelatihan ini memiliki tujuan sebagai berikut :
1. Kompeten memahami cara kerja riset market
2. Kompeten mempromosikan produk secara online
3. Kompeten menemukan produk yang laris di pasaran
4. Kompeten melakukan riset produk kompetitor
5. Kompeten menciptakan produk sendiri
6.Kompeten membuat akun sosial media twitter
7. Kompeten dalam mengiklankan produk di twitter
8. Kompeten memposting konten di twitter melalui komputer atau menggunakan android/IOS
9. Kompeten dalam membuat tweet yang adapat meningkatkan keterllibatan pengguna
10. Kompeten meningkatkan jumlah kenaikan follower atau pengikut di twitter
11. Kompeten menentukan waktu yang tepat untuk memposting di twitter
E. Silabus dan Durasi :
1. Introduction 02:41
2. Cara Jualan Ratusan Produk Perhari Terus Menerus – Analisa Pembeli, Online Promosi, Online Sales & Menentukan Produk Laris Part 1 06:10
3. Cara Jualan Ratusan Produk Perhari Terus Menerus – Analisa Pembeli, Online Promosi, Online Sales & Menentukan Produk Laris Part 2 08:28
4. Cara Menemukan Produk Laris Dari Hobi Part 1 06:10
5. Cara Menemukan Produk Laris Dari Hobi Part 2 07:15
6. Cara Menemukan Produk Laris Dari Masalah Part 1 06:10
7. Cara Menemukan Produk Laris Dari Masalah Part 2 07:12
8. Cara Menemukan Produk Laris Dari Kebutuhan Pasar 07:34
9. Cara Menemukan Keunggulan Produk Anda Dibanding Kompetitor Part 1 06:10
10. Cara Menemukan Keunggulan Produk Anda Dibanding Kompetitor Part 2 07:10
11. Cara Menemukan Keunggulan Produk Anda Dibanding Kompetitor Part 2-1 06:00
12. Cara Menemukan Keunggulan Produk Anda Dibanding Kompetitor Part 2-2 07:45
13. Cara Melakukan Riset Produk Kompetitor Part 1 06:10
14. Cara Melakukan Riset Produk Kompetitor Part 2 05:35
15. Cara Menciptakan Produk Pertama Kali Setelah Menemukan Produk Unggulan Dibanding Kompetitor Part 1 06:10
16. Cara Menciptakan Produk Pertama Kali Setelah Menemukan Produk Unggulan Dibanding Kompetitor Part 2 05:23
17. Form Unit Selling Preposition Part 1 05:21
18. Form Unit Selling Preposition Part 2 05:12
19. Online Pomotion Map Part 1 09:04
20. Online Pomotion Map Part 2 09:03
21. Online Pomotion Map Part 3 09:04
22. Online Pomotion Map Part 4 09:11
23. Online Pomotion Map Part 5 06:18
24. Cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan Part 1 08:00
25. Cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan Part 2 08:14
26. Cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan Part 3 08:15
27. Cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan Part 4 05:08
28. Cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan Part 5 09:34
29. Cara Melakukan Market Riset Dan Alat Yang Digunakan Part 6 06:59
30. Introduction 01:25
31. Cara Membuat Akun Twitter 07:39
32. Cara Posting di Twitter di Komputer/Android/IOS 07:52
33. Mention, Retweet, Dll 07:01
34. Tips Trik Membuat Konten Menarik di Twitter 09:15
35. Cara Menambah Banyak Follower GRATIS & BERBAYAR 08:20
36. Cara Promosi di Twitter BERBAYAR part 1 08:04
37. Cara Promosi di Twitter BERBAYAR part 2 07:17
38. Waktu Yang Tepat Untuk Posting Di Twitter Dan Berapa Kali 07:53
TOTAL DURASI : 6 Jam 29 Menit 12 Detik
F. Kapasitas Jenis dan Pelatihan :
Tidak Terbatas
G. Metode Ajar/Latih dan Evaluasi Peserta :
Metode Ajar yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu Hybrid
H. Data Instruktur dan Riyawat Profesi :
Nama Pengajar : Albert Pratama Aliambar
(Lahir di Jakarta pada tanggal 29 Juli 1995, 25 thn), Albert menempuh pendidikan Strata 1 Digital Communication di Surya University. Albert memiliki pengalaman di Bidang Digital Marketing dan Multimedia Production selama 3 (tiga) tahun. Selepas kuliah Albert langsung di-Invite untuk membangun cabang baru di Sekolah Musik Indonesia sebagai Digital Marketing dan mendapat promosi sebagai Branch Manage dalam waktu 1,5 tahun. Digital Marketing di Pasola tour & travel. Saat ini Albert menjadi Head of Digital Marketing di Timmy Electrindo Securitech.
Jadwal Konsultasi
Senin 12.00 – 13.00 WIB
I. Klasifikasi Sertifikat :
Sertifikat Penyelesaian dan Sertifikat Kelulusan
J. Mekanisme Evaluasi :
Mekanisme Evaluasi pada program pelatihan ini yaitu :
1. Soal Pre Test
2. Soal Kuis
3. Soal Pop-up Kuis
4. Soal Post Test
5. Penugasan atau Tugas Akhir